Kelurahan Padukuhan Kraton, Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan Raih Penghargaan ProKlim LHK Kategori Utama

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kembali memberikan penghargaan kepada pelaksana Program Kampung Iklim (ProKlim). Pemberian penghargaan itu dilakukan langsung oleh Menteri LHK Siti Nurbaya di puncak Festival LIKE 2.
Adapun acara itu digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Jumat (9/8/2024). Tahun ini KLHK membagi dalam dua kategori nominasi yaitu ProKlim Lestari dan ProKlim Utama.

Kategori ProKlim ditetapkan berdasarkan nilai akhir yang merupakan hasil perhitungan nilai komponen kegiatan adaptasi, mitigasi dan dukungan keberlanjutan.

Apresiasi juga diberikan kepada Pemerintah Daerah yang telah menetapkan kebijakan/peraturan Proklim di tingkat daerah dan melakukan pembinaan ProKlim di wilayahnya, Pekalongan Kota mendapatkan kategori proklim yaitu Kelurahan Padukuhan Kraton, Kecamatan Pekalongan Utara.

Apresiasi Pembina ProKlim diberikan kepada 10 Pemerintah Daerah Provinsi, dan 53 di tingkat Kabupaten/Kota. Selain itu KLHK juga memberikan apresiasi Pendukung ProKlim kepada 40 instansi dan lembaga.

Diketahui, perubahan iklim merupakan salah satu isu yang saat ini sedang hangat diperbincangkan warga global. Pasalnya, dampak dari perubahan iklim sudah mulai terasa. Sehingga, penghargaan tersebut merupakan wujud apresiasi KLHK terhadap pihak terkait dalam pelaksanaan aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

Lewat penghargaan tersebut diharapkan mampu mendorong banyak pihak untuk bersama mengatasi dampak dari perubahan iklim. Sehingga bisa memastikan terjadinya keberlanjutan kehidupan dengan lingkungan yang terjaga bagi generasi mendatang.

Untuk diketahui, Festival LIKE 2 merupakan agenda yang merangkum akumulasi kerja-kerja dan langkah korektif bidang Lingkungan Hidup, Iklim, Kehutanan dan Energi (khususnya energi terbarukan). Adapun tema yang diambil dalam festival ini yaitu '10 Tahun Kerja untuk Sustainabilitas'.